Kemuning

Kemuning atau nama ilmiahnya murraya paniculata adalah tumbuhan yang berasal dari famili rutaceae. Memiliki nama daerah seperti: kemuning, kamuning, kajeni, kemuning, kemoning, kamonèng, kemiuning, kamuni, sukik, kamuning, kamoni, palopo. eseki, tanasa, kamone, kamoni ¹ 


Kemuning termasuk jenis tanaman yang cepat tumbuh. Mengamati pertumbuhannya cukup mengasyikkan. Bisa ditanam dengan bijinya, baik yang sudah dikeringkan dahulu mau pun tidak.


Tanda-tanda tumbuhnya kemuning dapat terlihat dari buahnya yang sudah dikeringkan berwarna coklat atau bijinya yang keputihan. Lama kelamaan berubah menjadi hijau semua (subhana Allah, kuasa-Nya sungguh luar biasa), diikuti dengan keluarnya akar dan setelah itu daun, atau biasa dinamakan proses dari benih menjadi bibit.

Biji kemuning berkeping dua (dikotil), namun dia tetap bisa tumbuh walau hanya dengan satu keping saja.


Kemuning yang telah tumbuh besar akan dapat berbunga dan berbuah. Bunganya putih wangi sekali. Buah awalnya berwarna hijau, berubah menjadi jingga, lalu merah bila telah matang. 


Ada pun buah yang kami pakai buat menanam (bibit) adalah buah yang dipungut di bawah (tanah) alias buah yang sudah rontok. 


MANFAAT DAUN KEMUNING ²

Mengatasi peradangan dan luka terbuka

  • Untuk peradangan, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun kemuning, lalu konsumsi secara teratur. Sedangkan untuk merawat luka terbuka, tumbuk daun kemuning hingga halus dan tempelkan pada luka yang terbuka.


Mengobati Sakit Gigi

  • Caranya, tumbuk selembar daun kemuning untuk diambil airnya, lalu panaskan dan oleskan pada gigi yang sakit.


Mengatasi Batu Ginjal

  • Caranya dengan minum rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur. Selain bisa mengatasi batu ginjal, kandungan senyawa aktifnya juga mampu melancarkan peredaran darah dan penyakit kronis lainnya.


Mencerahkan Kulit

  • Caranya, cuci daun kemuning sampai bersih, kemudian tumbuk, dan lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.


Mengobati Rematik

  • Caranya, rebus akar kemuning bersama air, kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur sampai rematik hilang.


Mencegah Penuaan Dini

  • Kandungan senyawa pada daun kemuning mampu menghambat proses penuaan dini dan mengangkat sel-sel mati kulit. Minum air rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur sebelum tidur.



Selain manfaat di atas, kemuning juga dapat dijadikan sebagai tanaman pagar, melihat daunnya yang rimbun dan rapat. Dan untuk maksud inilah, sambil mengisi waktu senggang, kami membibit kemuning.

Semoga pagar tercipta, udara segar pun didapat.

__
¹ Wikipedia. 2021. "Kemuning", https://id.wikipedia.org/wiki/Kemuning, diakses 13 Juni 2021.
² Nugraha, Jevi. 2020. "6 Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Sakit Gigi", https://m.merdeka.com/jateng/6-manfaat-daun-kemuning-untuk-kesehatan-bisa-mengobati-sakit-gigi-kln.html, diakses 13 Juni 2021.

 

13 Juni 2021 | samidirijono | arsitek


Komentar

Postingan Populer